Senin, 24 Oktober 2011

Batu prasasti bertuliskan huruf kuno

BANDUNG: Batu prasasti bertuliskan huruf kuno ditemukan sebuah rumah di Kota Bandung.Batu sepanjang 1,8 meter bertuliskan abjad kuno sebanyak dua baris, yang artinya "setiap manusia dimuka bumi akan mengalami sesuatu" . Si penemu batu adalah seorang kakek bernama Oong Rusmana, warga Cimaung RT 07, RW 07, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata, Provinsi Jawa Barat, Herdiwan mengatakan, penemuan batu yang diberi nama Prasasti Tamansari ini menguatkan dugaan bahwa telah berdiri kerajaan besar di tanah Sunda.
Selama ini, Sunda dikenal sebagai kerajaan Padjajaran, namun berkat temuan prasasti Taman Sari, kuat dugaan ada kerajaan besar yang pernah menguasai tanah pasundan
Jika dikaitkan, menurut batu prasasti yang ditemukan di Cikapundung diduga merupakan prasasti dari peninggalan masa Kendan, setelah berdirinya kerajaan Tarumanegara.

Penemuan batu prasasti di Cikapundung telah memberikan bukti-bukti baru serta pintu bagi para arkeolog untuk meneliti lebih jauh sejarah kerajaan yang ada di tatar Sunda.“
Prasasti Cikapundung yang ditemukan di daerah Cimaung diduga merupakan peninggalan Kendan,” ujarnya seperti dilansir badan informasi publik, pemprov Jabar.

“Runtutannya sudah jelas, Sunda ini merupakan kerajaan besar, terbukti ditemukannya Gunung Padang, Gua Pawon, Kendan serta berbagai bukti peninggalan kerajaan Pajajaran lain,” tuturnya.

Sumber:  wartapedia

2 komentar:

Frzhrdynt mengatakan...

beneran nih??!! apa anaka anak iseng nulis nulis :D hahaha nice info deh!

Wirang geni mengatakan...

Wah :-/ ngak tahu juga Faris :D
Hanya ngutip :D

Posting Komentar