Senin, 24 Oktober 2011

Arca dan Prasasti Kuno


Selasa, 09 September 2008 | 14:22 WIB
Kediri: Saiin, seorang pembuat batu bata, menemukan tiga arca kuno di dekat saat menggali tanah di halaman rumah tetangganya, Imam, di Kediri, Jawa Timur. Temuan dua pekan silam itu dilaporkan ke pemerintah pada Selasa (9/9).

Temuan prasasti dan arca itu terjadi di Dusun Babadan, Desa Sumbercangkring, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Di desa berdekatan dengan Sumbercangkring, Gayam, tahun lalu ditemukan candi dari abad ke-11.

Penemuan arca itu terjadi ketika Saiin sedang diminta membuat batu bata oleh Imam. Ia menggali tanah untuk bahan baku batu bata itu di halaman Imam. Pada kedalaman sekitar satu meter, cangkulnya terantuk batu. Dibantu rekannya, Suprapto dan Kasan, Saiin mengangkat batu mirip prasati itu.

Sekitar tiga hari kemudian, Saiin benda kuno di dekatnya. Kali ini sebuah arca. Sehari berikutnya, satu arca perempuan ditemukan kembali.

Mereka melaporkan ke pemerintah hari ini. Begitu mendengar, pemerintah Kabupaten Kediri meminta aparat desa menjaga arca-arca itu. Mereka juga meminta Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) yang berkantor di Trowulan, Mojokerto, untuk meneliti temuan itu.

"Kami sudah melaporkan ke BP3 Trowulan dan mengharap segera ada petugas yang didatangkan ke Kediri untuk melakukan penelitian," kata Sigit Rahardjo, Kepala Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Kediri, Selasa (9/9).

Sumber: TEMPO Interaktif

0 komentar:

Posting Komentar